Pengaruh model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap hasil Belajar Biologi Siswa Di Sekolah Menengah Alas Negeri 10 Merangin

Satar, Muhammad (2021) Pengaruh model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap hasil Belajar Biologi Siswa Di Sekolah Menengah Alas Negeri 10 Merangin. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
MUHAMMAD SATAR.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Sekolah Menengah Alas Negeri 1O Merangin. Tujuan penelitian ini adalah lngin mendapatkan bukti apakah terdapat pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyaraka Terhadap Hasil Belajar biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest only design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Alas Negeri 10 Merangin tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil dengan jumlah sebanyak 62 siswa dengan komposlsi 27 siswa putra dan 35 siswa putri. Sampel diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis deskripsi data diperoleh data skor hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat diperoleh skor tertinggi 74 dan skor terendah 35. Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata sebesar 55,5. Mempunyai median sebesar 61,33 dan modus sebesar 52 serta standar deviasi sebesar 12,25. Data skor hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat diperoleh skor tertinggi 88 dan skor terendah 49. Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata 68,842. Mempunyai median sebesar 69,5 dan modus sebesar 66,7 serta standar deviasi sebesar 11,319.. Dari hasil analisis data didapatkan rhttuno > r1abel (0,250<0,329>0,325) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar biologi siswa di Sekolah Menengah Alas Negeri 1O Merangin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran sains teknologi masyarakat, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:59
Last Modified: 13 Sep 2021 06:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9151

Actions (login required)

View Item View Item