PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN ANALISIS SIMILAR DOSEN PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Anny Masyrifah, TM140682 and Warti, Rini and Murtadlo MS, Ali (2018) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN ANALISIS SIMILAR DOSEN PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TM.140682_Anny Masyrifah_Pendidikan Matematika - anny masyrifa.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Dengan menggunkan teknik Sampling purposive, sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi angakatan tahun 2015 yang berjumlah 103 mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria-kriteria dosen yang menjadi faktor-faktor similar dosen berdasarkan persepsi mahasiswa yang mana hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi dosen dalam meningkatkan kualitas diri dosen terkhusus dosen yang berada di Program Studi Tadris matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dengan metode penelitian deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Multidimensional Scaling tingkat agregat (kelompok). Hasil penelitian di bedakan menjadi empat kelompok. Kelompok kelas A diperoleh nilai Stress sebesar 12% dan sebesar 91% dengan kemiripan dosen terletak pada: dosen A, dosen E, dan dosen H memiliki kemiripan karakteristik di bidang interaksi di kelas, komunikasi, kedisiplinan; dosen B dan dosen D memiliki kemiripan di bidang pengusaan materi; dosen C dan dosen G memiliki kemiripan di bidang metode pembelajaran. Kelompok kelas B diperoleh nilai Stress sebesar 13% dan sebesar 86% dengan kemiripan dosen terletak pada: dosen B, dan dosen E, memiliki kemiripan karakteristik di bidang penyampaian materi, metode pembelajaran, komunikasi, kedisiplinan, dan tanggung jawab; dosen H dan dosen G memiliki kemiripan di bidang memahami mahasiswa. Kelompok kelas C diperoleh nilai Stress sebesar 12% dan sebesar 86% dengan kemiripan dosen terletak pada: dosen A, dan dosen E, memiliki kemiripan karakteristik di bidang penguasaan materi, dan komunikasi; dosen B dan dosen H memiliki kemiripan di bidang penyampaian materi. Kelompok kelas D diperoleh nilai Stress sebesar 14% dan sebesar 87% dengan kemiripan dosen terletak pada: dosen A, dosen B, dan dosen E, memiliki kemiripan karakteristik di bidang memahami mahasiswa, penguasaan materi, dan komunikasi; dosen G dan dosen H memiliki kemiripan di bidang penyampaian materi dan metode pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu kriteria yang menjadi faktorfaktor similar dosen adalah kriteria-kriteria dosen dalam melaksanakn proses perkuliahan seperti penyampaian materi, metode pembelajaran, memahami mahasiswa, penguasaan materi, interaksi dikelas, komunikasi, kedisiplinan dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Analisis Multdimnsional Scaling, Faktor Similar Dosen
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Feb 2020 01:39
Last Modified: 11 Feb 2020 01:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item