Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi.

Ripki, Muhammad and Asiah, Siti and Jaya, Jaya (2021) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
MUHAMMAD RIPKI.pdf - Published Version

Download (18MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang melakukan kenakalan di MTs.N Olak Kemang Kota Jambi hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang melanggar tata tertib yang telah berlaku di madrasah seperti, sering ditemukan siswa yang ditemukan merokok dilingkungan madrasah, siswa sering membolos, kemudian sering ditemukan siswa yang membuat suasana gaduh di dalam kelas, banyak ditemukan siswa yang berpakaian tidak rapi, dan sering ditemukan siswa yang berkclahi dengan siswa lainnya dilingkungan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan yang dilakukan guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa, kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menghambat guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa, dan penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, tujuan menggunakan penelitian ini adalah untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang dibentangkan. Adapun cara yang ditempuh mendapatkan data/fakta yang terjadi pada subjek penelitian untuk memperoleh data yang valid adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode obsevasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan perananan guru akidah akhlak dalam mengatasi sangatlah besar karena selain menegur siswa guru akidah akhlak juga bertindak tegas dengan memberikan sanksi terhadap siswa seperti, memasukkan siswa ke ruang BK, memanggil orang tua siswa, adapun terkadang guru akidah akhlak juga menghukum siswa seperti berdiri di depan kelas memotong pakaian/celana siswa yang tidak sesuai dengan aturan sekolah. Adapun beberapa faktor yang menjadi penghambat guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa adalah kurangnya kerjasama antara guru akidah akhlak dan orang tua dalam upaya membentuk sikap siswa, kurangnya perhatian orang tua yang mengakibatkan anak merasa kurang perhatian sehingga anak melakukan kenakalan, kurangnya minat siswa untuk mempelajari akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran Guru, Akhlak, Kenakalan Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:47
Last Modified: 13 Sep 2021 06:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9149

Actions (login required)

View Item View Item