Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kata Jambi

Heri, Muhammad and Alfian, Alfian and Yuni Kurniwati, Wiwit (2021) Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kata Jambi. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
MUHAMMAD HERI.pdf - Published Version

Download (35MB)

Abstract

Salah satu karakteristik guru biologi adalah senang berinteraksi ctengan alarn lingkungan, terutama dengan makhluk hidup. Guru biologi tidak bisa dipisahkan dengan laboratorium, termasuk alam semesta ini. Dengan kata lain, guru biologi harus mencintai makhluk hidup dan senang berinteraksi dengannya. Berinteraksi bisa berarti mempelajari, mengamati, meneliti, memanipulasi dalam rangka memperoleh ilmu tentang makhluk hidup beserta lingkungannya. Dari survei awal yang penulis lakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kata Jambi, penulis mendapatkan bahwasanya terlihat adanya kesenjangan terhadap pembelajaran, seperti suasana pembelajaran menjadi pasif membuat kejenuhan bagi siswa dalam menerima pelajaran. Ketidakaktifan siswa dalam pembelajaran dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan metode peml:Jelajaran serta minimnya hasil belajar siswa. Sebagai tenaga pendidik haruslah mempunyai kemampuan yang profesional salah satunya dengan menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran yang membawa pembelajaran semakin bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang baik dan anak didik yang berkualitas. Fenomena yang terjadi di lapangan juga menunjukkan bahwasanya hasil belajar biologi yang dicapai siswa kelas X 'di Sekolah . Menengah Atas Negeri 7 Kata Jambi masih• kurang memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan quasi eksperimen yaitu penelitian dengan melakukan percobaan terhadap kelompok eksperimen, kepada tiap kelompok eksperimen dikenakan perlakuan-perlakuan tertentu dengan kondisi­ kondisi yang dapat di kontrol, sedangkan pengumpulan data dilakukari dengan menggunakan teknik tes. Penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar biqlogi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan yaitu besarnya thitung = 8,1215, thitung 2: tiabel pada taraf signifikansi 5% (8,1215 2: 2,00) maupun pada taraf signifikansi 1% (8,1215 2: 2,65). Hasil penelitian ini menyarankan setiap guru bidang studi Biologi, sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan pada proses pembelajaran berlangsung yang berdampak pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Eksperimen, biologi, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:41
Last Modified: 13 Sep 2021 06:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item