Problematika Pendekatan Saintifik Pada Proses Pernbelajaran Selalu Hemat Energi Kelas IV di SDN 124/IV Kota Jambi

Misnawati, Misnawati and Muhsinin, Umil and Ihwanah, Al (2021) Problematika Pendekatan Saintifik Pada Proses Pernbelajaran Selalu Hemat Energi Kelas IV di SDN 124/IV Kota Jambi. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
MISNA WATI.pdf - Published Version

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang problematika pendekatan saintifik pada proses pembelajaran selalu hemat energi pada kelas IV di SDN 124/IV Kota Iambi. Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran (2) problem yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik (3) problem yang dihadapi oleh siswa dalam melaksanakan poses pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara , dokumentasi untuk mengeetahui pelaksanaan pendekatan saintifik pada kelas IV. Hasil data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan gtrrn adalah mengkaji silabus dan buku gmu, serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati ,menanya , mengumpulkan informasi/mencoba , mengasosiasi atau menalar dan mengkomunikasikan. Namun, pelaksanaan pembelajaran tersebut belum maksimal. Problem yang dialami guru dalam pendekatan sainti:fik meliputi problem dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Dan problem yang dialami siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik meliputi (1) siswa sangat bosan yang dengan mteri yang diajarkan gurn,(2) dari segi sarana prasarana iswa tidak nyarnan dengan keadaan belajar terkadang gelap saat hujan,, karena tidak ada lampu penerangan (3) dalam pengajaran gmu hanya menggunakan metode, Tanya jawab, ceramah,diskusi dan penugasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: problematika, pendekatan saintifik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 10 Sep 2021 17:07
Last Modified: 10 Sep 2021 17:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9127

Actions (login required)

View Item View Item