Konstruksi Instrumen Asesmen bagi Pendidik dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis PBL ((problem based learning).

Suriyani, Meri and Susanti, Try and Yuni Kurniwati, Wiwit (2021) Konstruksi Instrumen Asesmen bagi Pendidik dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis PBL ((problem based learning). Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
MERI SURYANI.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen asesmen berbasis PBL (problem based learning) yang dibuat untuk mengukur proses pembelajaran bagi pendidik, dalam hal ini, peneliti akan memfokuskan pada pembahasan tentang sikap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen yang diadaptasi dari model ADDIE, model ini terdapat 5 tahap yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengmnpulan data dan analisis data menggunakan angket yang berbeda dan diberikan kepada tim ahli/pakar dan pengguna instrumen asesmen. Untuk mengetahui kelayakan instrumen, angket diberikan ke 3 tim ahli/pakar dan didapatkan kategori skor 88%, maka hasil skor terhadap instrmnen asesmen ini adalah "Sangat Layak" digunakan, kelayakan instrumen diperkuat juga dengan adanya uji coba kelompok kecil dan lapangan. Untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan instrmnen disebar kebeberapa sekolah (implementasi), angket efektifitas diberikan ke 3 kepala sekolah/pengguna dan didapatkan kategori skor 88%, maka hasil skor terhadap instrumen asesmen ini adalah "Sangat Efektif '. Untuk mengetahui kepraktisan instrumen, angket praktikalitas diberikan ke 3 kepala sekolall/pengguna dan didapatkan kategori skor 88%, maka hasil skor tersebut diperoleh bahwa penilaian oleh kepala sekolah terhadap instrumen asesmen iniadalah "Sangat Praktis".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: instrumen, asesmen, Problem Based Learning.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:14
Last Modified: 10 Sep 2021 04:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9119

Actions (login required)

View Item View Item