Perbandingan Hasil Belajar Matcmatika Siswa antara Yang Mcnggunakan Model Talking Stick dengan Silent Demonstration di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Sarolangun

Kasfa Andriani, Meri and Murtadlo MS, Ali and Idarianty, Idarianty (2021) Perbandingan Hasil Belajar Matcmatika Siswa antara Yang Mcnggunakan Model Talking Stick dengan Silent Demonstration di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Sarolangun. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
MERI KASFA.pdf - Published Version

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perbandingan model pembelajaran talking stick dengan model pembelajaran silent demonstration terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi EksperimentalDesaign dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postest Only Control Desaign. sedangakan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II.Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, diperoleh pada kelas eksperimen I basil postest terendah 65, tertinggi 90, dengan nilai rata-rata 79,52 dan standar deviasi 7,85. Sedangkan pada kelas eksperimen II hasil postest terendah 60, tertinggi 80 dengan nilai rata-rata 69,52 dan standar daviasi 7,06. Dari analisis yang telah dilakukan terhadap data post-test dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model talking stick lebi baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggWlakan model pembelajaran silent demonstration. Berdasarkan perhitllilgan dengan menggunakan uji t, peneliti menemukan bahwa thitung= 4,22 dengan df=40, melalui proses interpolasi diperoleh taraf signifikan 5% ttabel = 2,02 dan pada taraf signifikan 1% tiabel =2,71. Temyata ttabel :::; thitun ttabe1 ( 2,02 :::; 4,22 2,71). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima, artinya terdapat perbandingan yang signifikan antara model pembelajaran Talking Stick dengan model pembelajaran Silent Demonstration terhadap hasil be!ajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Sarolangun. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran,Ta/king Stick, Silent Demonstration, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:45
Last Modified: 10 Sep 2021 03:45
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9118

Actions (login required)

View Item View Item