Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Guide Note Taking Pada Mata Pelajaran llmu Pengetahuan Alam Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Nurul lhsan Kecamatan Geragai Kebupaten Tanjung Jabung Timur

Hayati, Masrah and El Hilali, Husni and Syefrinando, Boby (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Guide Note Taking Pada Mata Pelajaran llmu Pengetahuan Alam Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Nurul lhsan Kecamatan Geragai Kebupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang timbul dari kurangnya aktivitas atau peran aktif siswa dalam pembelajaran serta pencapaian hasil belajar yang kurang maksimal dapat diatasi dengan suatu model maupun strategi pembelajaran yang bisa mengubah aktivitas belajar siswa yang belajar pasif menjadi aktif dalam mengkontruksikan konsep-konsep yang didukung oleh keseimbangan dalam pengetahuan keterampilan dan sikap serta perilaku siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Desain dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan 4 cara yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap dengan rentang waktu 3 bulan yakni bulan Juli sampai dengan September 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VlllC yang mengikuti remedial pada mata pelajaran llmu Pengetahuan alam pada pokok bahasan sistem gerak manusia. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing­ ma_sing siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.- Hasil penelitian tindakan kelas ini berhasil merumuskan kesimpulan pembelajaran dengan penerapan strategi Guide Note Taking terbukti dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar. Adapun data peningkatan persentase ketuntasan belajar yakn: sebelum pelaksanaan eksperimen pembelajaran dengan menerapkan strategi Guided Note Taking (pra-tindakan), jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah sejumlah 9 siswa (28,1%). Kemudian setelah dilaksanakan pembelajar dengan menerapkan strategi Guided Note Taking terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar pada pembelajaran siklus I meningkatkan menjadi 12 siswa (37,5%), siklus II meningkat menjadi 20 siswa (62,5%), dan pada siklus Ill meningkat menjadi 32 siswa (100%). Khususnya guru Mata Pelajaran IPA Terpadu, hendaknya menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dalam proses pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Guided Note Taking, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:23
Last Modified: 10 Sep 2021 02:23
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item