Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Keagamaan Siswa Di Sekolah menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Kebon IX Muaro Jambi

Masra, Masra and Imron Rosyadi, Kemas and Kartubi, Kartubi (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Keagamaan Siswa Di Sekolah menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Kebon IX Muaro Jambi. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun sikap keagamaan siswa di sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 9 Kebon IX Muaro jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengunakan desain kualitatif-naturalistik, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti menemukan bahwa berbagai kendala yang dihadapi guru PAI dalam membangun sikap keagamaan siswa disekolah menengah pertama (SMP) Negeri 9 Kebon IX Muaro Jambi adalah latar belakang Siswa, Perhatian Orang tua kandung atau wali, dan waktu tatap muka dengan Siswa terlalu sedikit. Berbagai upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengatasi kendala tersebut antara lain memberikan hukuman bagi siswa yang kurang disiplin, melakukan pendekatkan kepada siswa yan!f"'berprilaku tidak terpuji, dan mengadakan kegiataan extrakurikuleryang bersipat keagamaart Hasil penelitian ini menyarankan agar kegiatan yang dilakukan sekolah tetap dan selalu mempertahankan dan didukung oleh komponen pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran guru Agama (PAI) dan Membangun Sikap Keagamaan Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:16
Last Modified: 10 Sep 2021 02:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item View Item