Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinks-Pair- Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batang Hari

Martinik, Martinik and Risnita, Risnita and Safita, Reny (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinks-Pair- Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batang Hari. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Thinks-Pair-Share untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batang Hari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain pelaksanaan tiga siklus, dimana setiap pelaksanaan siklus meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Penelitian menemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Thinks-Pair-Share secara signifikan meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Sekolah Menengah. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari siklus Imasih berada pada rata-rata 22,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi rata-rata kelas mencapai 51,6 % serta pada siklus Ill nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa lebih meningkat lagi dengan sangat memuaskan karena mencapai 82,8 % dari keseluruhan siswa yang mengikuti pembelajaran. Dari hasil penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Thinks-Pair-Share dalam pembelajaran Biologi dapat meningkatkan hasil belajar. Karena dengan menggunakan model pembelajaran Thinks-Pair-Share aktivitas belajar siswa meningkat secara bertahap dari pelaksanaan tindakan siklus I sampai pada pelaksanaan tindakan siklus Ill hal ini terlihat dari persentase keberhasilan Pada siklus Imasih pada kriteria sedikit dan sedang, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pada kriteria sedikit sekali, sedang, dan banyak, serta pada siklus Ill aktivitas belajar siswa lebih baik lagi dan mengalami peningkatan dengan sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: model pembelajaran kooperatif tipe Thinks-Pair-Share, hasil belajar, Biologi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:53
Last Modified: 10 Sep 2021 01:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9105

Actions (login required)

View Item View Item