PENGARUH PEMBERlAN POST - TEST S.ETlAP KALI PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DIKELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM IAIN STS JAMBI

Marlaini, Marlaini and Anwar, Kasful and Badariah, Badariah (2021) PENGARUH PEMBERlAN POST - TEST S.ETlAP KALI PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DIKELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM IAIN STS JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (20MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemberian post test setiap kali pertemuan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Laboratorium IAIN STS Jambi dalam kegiatan belajar mengajar, hal penting yang harus dicapai adalah hasil belajar yang baik. Untuk bisa mencapai hal itu banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah dengan memberikan evaluasi yang berkesinambungan dan dengan cara memberikan post test setiap kali pertemuan, karena dengan post test siswa lebih bersemangat dalam belajar selain itu dapat membuat siswa lebih yakin tentang apa yang telah dipelajarinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian post test setiap kali pertemuan terhadap hasil belajar. Hipotesis penelitian adalah pemberian post test setiap kali pertemuan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Laboraturium IAIN STS Jambi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII semester dua tahun ajaran 2012/2013, penelitian ini menggukan metode eksperimen. Pada kelas eksperimen diberi post test pada setiap kali pertemuan, sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan post test pada setiap kali pertemuannya. lnstrumen penelitian yang digunakan berupa test yang berupa test obyektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbedaan dua rata-rta dengan menggunakan uji t, dimana sebelum uji t dilakukan, dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa yang diberikan post test setiap kali pertemuan lebih tinggi dari rata-rata skor hasil belajar siswa yang tidak diberikan post test yaitu pada kelas eksperimen rata-rata skor hasil belajar adalah 75,65 dan pada skor hasil belajar pada kelas kontrol hanya 72,3. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian post test pada setiap kali pertemuan berpengaruh secara signifikan terhadap hasilbelajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Laboratorium IAIN STS Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Post Test, Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 09 Sep 2021 15:56
Last Modified: 09 Sep 2021 15:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item