PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PENGABUAN TELUK NILAU TANJUNG JABUNG BARAT

Mahdalia, Mahdalia and El Hilali, Husni and Safita, Reny (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PENGABUAN TELUK NILAU TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penyebab pembelajaran. llmu Pengetahuan Alam Terpadu yang masih mengalami kendala, dalam konsep belajar tuntas dapat berupa kejenuhan belajar, siswa tidak menemuka,n cara belajar yang tepat sehingga proses pembelajaran kurang optimal, siswa tidak terlibat sepenuhnya dalam proses belajar mengajar atau sebab-seab lain baik faktor internal ataupun ekstemal siswa. Para siswa diharapkan aktif mengembangkan keterampilan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa meninggalkan kerjasama dan solidaritas, meski sesungguhnya antar siswa saling berkompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar llmu Pengetahuan Alam Terpadu Siswa Kelas VIIIMadrasah Tsanawiyah Negeri Pengabuan Teluk Nilau Tanjung Jabung Baral. .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true experimental desig11;-posttest only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar llmu Pengetahuan Alam· Terpadu Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negert Pengabuan ·Teluk Nilau Tanjung Jabung Barat. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikan 5% =O, 250 dan taraf signifikan 1% = O, 325 dengan demikian dari thi1un9>liabel yaitu 0,716 > 0,250 dan 0,716 > 0,325. Dengan demikian hipotesis antara penggunaan Strategi Metakognitif Terhadap Hasil Belajar llmu Pengetahuan Alam Terpadu Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Pengabuan Teluk Nilau Tanjung Jabung Barat diterima (Ha).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Metakognif, Biologi,Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 09 Sep 2021 13:03
Last Modified: 09 Sep 2021 13:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9091

Actions (login required)

View Item View Item