PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM MINI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL IMAN KOTA BARU JAMBI

Muhtar Hasan, M and Nasrun, Nasrun and Rizalman, Rizalman (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM MINI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL IMAN KOTA BARU JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa MTs.S Nurul Iman Kota Baru Jambi Kelas Vff tahun ajaran 2017/2018 pada pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs.S Nurul Iman Kota Baru Jambi sebanyak 14 siswa. Data diperoleh melalui tes, pengamatan, wawartcara dengan siswa serta ·. kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium mini dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan basil belajar siswa MTs.S Nurul Iman Kota Baru Jambi kelas VII tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari basil tes yang mengalami peningkatan dari sikius I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium mini dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran meskipun fasilitas sekolah belum mendukung, terdapat waktu yang panjang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Pembelajaran lnkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Mini, IPA Terpadu (fisika), Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 09 Sep 2021 09:54
Last Modified: 09 Sep 2021 09:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item View Item