PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS Ill D DISEKOLAH DASAR NEGERI 47/IV KOTA JAMBI

Zaki Hariri, M and Nasrun, Nasrun and Kurniawan, Fery (2021) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS Ill D DISEKOLAH DASAR NEGERI 47/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (27MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh kecerdasan lntelektual (IQ) dan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas Ill D di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Kecerdasan lntelektual (IQ) dan minat be\ajar terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPA Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode su1Vey. PopuJasj yang digunakan daJam peneJitian ini adaJah sjswa keJas JJJ D Sekolah Dasar Negeri 57/IV Kota Jambi dengan jumlah 32 siswa. Sampel penelitian diambil dengan digunakan tehnik nonprobability sampling yaitu sampling jen uh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianinimenggunakan angket. Validitas intrumen ini melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen (validitas empiris). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Spearman Brown. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasilpenelitian adalah statistik deskriptif dan uji Person Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data peneltian didapatkan hasilsecara simultan pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan minat belajar bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran llmu Pengetahuan Alam sebesar Rx x v = 0,76. Dengan taraf signifikansi ujiF dengan a = 0,05, didapat Fhitung = 19,82 > F1abe1 = 3,33, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar llmu Pengetahuan Alam siswa kelas Ill D di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa disamping tingkat kecerdasan intelektual (IQ), minat belajar yang lebih mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran llmu Pengetahuan Alam sesuai dengan tujuan pembelajaran llmu Pengetahuan Alam. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menyarankan agar guru selalu menerapkan model, metode dan strategi pembelajaran yang menarik minat belajar siswa dalam pembelajaran llmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kecerdasan lntelektual, llmu Pengetahuan Alam (IPA), Minat Be\ajar, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 09 Sep 2021 09:49
Last Modified: 09 Sep 2021 09:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

View Item View Item