PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRI TERH ADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATER·•I PENCERNAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TANJUNG JABUNG TIMUR

Kahar Ali Akbar, M and Anwar, Kasful and Novalyan, Devie (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRI TERH ADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATER·•I PENCERNAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar biologi materi pencernaan di madrasah tsanawiyah negeri 2 Tanjung Timur. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh metode pembelajaran inquiri terhadap basil belajar biologi siswa di madrasah tsanawiyah negeri 2 tanjab timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, sedang kan teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak berdasarkan kelas. Terpilihlah kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian uji homogenitas variansi dengan uji F diatas terlihat Fhitung basil analisis = 1,21 dan Ftabc1 = 3,34. Uji F kelompok hasil belajar = 2,5419 dan F table 1,6725. Sementara itu Uji F gabungan didapat basil F hit sebesar 1,21 dan F tabel 3.34. Karena semua kelompok didapat hasil Fhitung < FtabeJ, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki variansi yang homogen pada a = 0,5. Dari daftar distribusi tuntuk hipotesis pertama (1- a ) (n - 2) dengan peluang 0,95 dan dk 56 diperoleh 1(0,95) (56) = 1,6725. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung = 2,782946 menandakan frotung > ttabc1 atau HO ditolak pada taraf nyata a.= 0,05. Dari hasil penelitian dapat diketahui analisis data dapat di simpulkan bahwa metode pembelajaran inquiri berpengaruh terhadap hasil belajar biologi dalam sistem pencernaan di madrasah tsanawiyah negeri 2 tanjab timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: metode inquiri, basil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:32
Last Modified: 09 Sep 2021 08:32
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item