IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

Apriani, lia and Haqqi, Athiatul and Yusufhin, Fridinanti (2021) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi)
404171007 Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi-fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter siswa, untuk mengetahui kendala apa saja dalam implementasi gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter siswa serta untuk mengetahui bagaimana upaya untuk mengatasi kendala dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan Kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Pembentukan karakter terutama dalam minat baca masih tergolong sangat rendah dan masih minimnya bahan bacaan siswa yang terdapat di pojok baca dan masih kurang disiplinnya siswa dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi di SMA Negeri 1 Muaro Jambi sudah dilaksanakan. Program yang dilaksanakan yaitu 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai, pada jam 07.15 sampai 07.30, terdapat pojok baca di setiap kelasnya dan saung baca di setiap pojok sekolah akan tetapi pada tahap pembelajaran berupa tagihan akademik belum berjalan optimal. pada tahap pembiasaan siswa dituntut untuk gemar membaca, mandiri dan disiplin, pada tahap pengembangan yaitu melakukan perlombaan bulan bahasa hasil dari bacaan yang ditulis siswa dan siswa dituntut untuk memiliki rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, jujur dan disiplin, sedangkan pada tahap pembelajaran siswa dituntut untuk disiplin dalam mengumpulkan hasil bacaan yang ditulis di angenda masing-masing siswa/i. Kendala yang dihadapi adalah bahan bacaan yang masih minim, motivasi siswa untuk membaca rendah, pengawasan guru pada pelaksanaan gerakan literasi yang masih kurang dan masa pandemi covid-19. Sedangkan upaya yang dilakukan adalah memberikan siswa tugas tambahan untuk membaca artikel secara online dan menonton youtube, memberikan informasi sekolah dan melakukan kerjasama dengan sekolah agar pojok baca, perpustakan dan saung baca dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Gerakan Literasi Sekolah, Karakter Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:44
Last Modified: 13 Sep 2021 02:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9074

Actions (login required)

View Item View Item