PENGARUH TEORIBELAJAR HUMANISTIC TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KOTA SUNGAI PENUH

Novia, Liza and Jailani, Syahran and Suraida, Suraida (2021) PENGARUH TEORIBELAJAR HUMANISTIC TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KOTA SUNGAI PENUH. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Teori Belajar Humanistic Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Sungai_ Penuhn penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian adalah mengetahui · pengaruh teori belajar Humanistic terhadap hasil belajar biologi siswa disekolah menengah pertama negeri 11 kota sungai penuh. Jenis penelitian adalah pene/iilan kuantitatif. Oesain dalam pene/itian inl terdapat dua kelompok yang dipilih secara random (R). Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Penelitian menemukan bahwa penggunaan teori belajar Humanistic berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini menyarankan agar dalam pembelajaran guru menerapkan teori belajar Humanistik dalam pembelajaran IPA terpadu khususnya Biologi. Peneliti menemukan bahwa penggunaan teori belajar Humanistic berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negerl 11 Kota Sunga\ Penuh_ Pengaruh tersebut dapat dilihat melalui nilai / sebesar 4,825 dikonsultasikan dengan menggunakan tabel nilai "t" dengan df sebesar 50 diperoleh t tabel pada taraf signifikan 5 % (0,05) = 0,273 Sedangkan pada taraf perbedaan 1% (0,01) = 0,354. Ternyata l!iitung lebih besar dari t tabel (0,273 < 4,825 > 0,354). Setalah di ketahui t hitung maka peneliti melakukan uji Phi Korelasi dan diperoleh Nilai Phi ( rp ) = 0,381 dan nilai pada tabelr1at>e1 dengan df = N - nr = 53 - 2 = 51, temyata dalam tabeltidak ditemui df sebesar 51 karena itu digunakan df yang terdekat yaitu df 50 dengan taraf signifikan 5% = 0,273, dan taraf signifikan 1% = 0, 354. Dengan demikian rh1tung > r1atie1 (baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%) 0,273 .s 0,381 0,354. Dengan demikian maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signif1kan antara penggunaan teori belajar Humanistik terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menyarankan agar dalam pembelajaran guru menerapkan teori belajar Humanistik dalam pembelajaran IPA terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Biologi, Hasil Belajar, teori belajar Humanistik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:54
Last Modified: 09 Sep 2021 06:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item