PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DIMADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SATU PULAU BATU KABUPATEN MUARO BUNGO

Fadla, Lisna and Muhsinin, Umil and Badariah, Badariah (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DIMADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SATU PULAU BATU KABUPATEN MUARO BUNGO. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model numbered heads together terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan ·diMadrasah Tsnawiyah Negeri 1 Pulau Batu dengan sampel kelas VII. Jenis penelitianini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan msnggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi·yang digunakan dalam penelitian iniadalah siswa kelas<·ViiMadrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pulau Batu dengan jumlah 86 siswa. Sampel penelitian dambil dengan teknik Cluster Random Sampling.Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagidalam dua kelas yaitu satu kelas VII B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dan satu kelas Vll c sebanyak 30 siswa sebagaikelas eksper men.Tel<nik pengumpulan data yang digunakan ·dalam penelitian inimenggunakan tes. Soal di ujivaliditas menggunakan rumus validitas dan menguj cobakan instrumen (validitas empiris). Refiabiritasinstrumen dujidengan inenggunakan Spearman Brown. Anafisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ujikorelasiphi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sign f1kan antara 'Ke as yang d terapkan model pembelajaran NHT dengan yang tidak diterapkan model pembelajaran NHT. Hal ini terbukti dengan to> t1abel yaitu (4,65 > 2,00) dan (4;65 > .5), dengan perolehan rerata nitai kefas eksperimen febih tinggi dari ketas kontror yaitu sebesar 76,15 > 67,43. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together memberikan.pengaruh positif terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Biologi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:48
Last Modified: 09 Sep 2021 06:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item View Item