PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE UNTUK MENINGKA TKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN KABUPATEN MUARO JAMBI

Wati, Linda and Ahmad, Saidah and Dwi Nugroho, Aris (2021) PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE UNTUK MENINGKA TKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
LINDA WATI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang meningkatkan motivasi belajar siswa melalui teknik scramble pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebagai upaya w1tuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah yang sama pada siswa kelas IV dengan menggunakan teknik scramble, sedangkan pengumpulan data dilakuk:an dengan Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunj ukkan bahwa hasil dari motivasi belajar siswa mengalami peningkatan . Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang dilakukan, pada para siklus nilai rata-rata persentase motivasi siswa 54.92% dan setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata persentase motivasi siswa 76.09%, kemudian pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata persentase motivasi siswa 92.39%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan teknik pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari seperti menggunakan teknik Scramble pada pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Teknik scramble, Bahasa Indonesia, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 08 Sep 2021 10:42
Last Modified: 08 Sep 2021 10:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9062

Actions (login required)

View Item View Item