PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURUTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 01 SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Siti Aisyah, TM130886 and El Hilali, Husni and Hurmaini, (2018) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURUTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 01 SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TM130886 SITI AISYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA - Aisyah Anwar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau yang bertujuan untuk (1) Mencari bukti berapa besar skor hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru yang belatar belakang pendidikan matematika (2) Ingin mencari bukti berapa besar skor hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru yang belatar belakang bukanpendidikan matematika (3) Ingin memperoleh kejelasan dan kepastian perbedaan pengaruh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru yang berlatar belakang pendidikan matematika dan guru yang bukan berlatar belakang pendidikan matematika Ingin memperoleh kepastian tentang (4) besar pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap hasil belajar siswa. penelitian yang digunakan adalah penelitian Survey dengan menggunakan Expost Facto, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data nilai langsung dari guru bidang studi matematika, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sebagai Populasi dan Sampelnya diambil dari kelas VIIA dan VIIC. Data hasil penelitian diperoleh skor hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru berlatar belakang pendidikan matematika diperoleh nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah 55 dengan rata-rata 72,18 dan standar deviasinya 8,62 dan standar eror 1,69. Sedangkan skor kemampuan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru berlatar belakang bukan pendidikan matematikadiperoleh nilai tertinggi adalah 75 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata 63,48 dan standar deviasinya 7,85 dan standar eror 1,54. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung= 2,95 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01 dan taraf signifikansi 1% ttabel= 2,68 dengan demikian Sehingga Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan guru terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau.Berdasarkan Besar efektivitas pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji Effect Size diketahui bahwa nilai ES (ds) yang diperolehdari nilai hasil belajar matematika siswa yaitu sebesar 0,82 dengan persentase sebesar 47,43%. Hal ini menunjukan pengaruh latar belakang Pendidikan guru terhadap hasil belajar matematika siswa memberikan evektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Latar Belakang Pendidikan;Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Feb 2020 02:29
Last Modified: 07 Feb 2020 02:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item