THE FINAL TEST DESIGNED BY THE ENGLISH TEACHER FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 7 KOTA JAMBI

Istiani, Lia and Monalisa, Monalisa and Abadi, Ayuliamita (2021) THE FINAL TEST DESIGNED BY THE ENGLISH TEACHER FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 7 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu aspek yang paling penting dari proses belajar mengajar adalah evaluasi. Evaluasi dan tes tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan formal indonesia. Evaluasi sebagai pengumpulan informasi yang sistematis untuk tujuan membuat keputusan. Informasi di sini tidak hanya tentang peningkatan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran tetapi juga dengan pencapaian program pembelajaran secara umum. Dalam proses pengumpulan informasi tersebut kita memerlukan instrumen untuk untuk mengumpulkan informasi agar kita tau seberapa jauh pencapaian siswa, kemampuan siswa dalam pelajaran yang sudah di ajarkan serta untuk memberikan umpan balik bagi siswa, guru serta pembuat kurikulum. Validitas adalah ha! yang paling penting untuk di pertimbangkan dalam membuat instrumen untuk mengevaluasi siswa. Validitas dari isi tes adalah ha! yang penting dan harus di analisa dari test yang dibuat ataupun tes yang diambil oleh guru. Berdasarkan alasan tersebut peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tentang tes akhir yang dirancang oleh guru bahasa Inggris untuk siswa kelas delapan SMPN 7 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soal ujian akhir yang dirancang o!eh guru bahasa inggris untuk siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Jambi untuk semester ganjil pada tahun akademik 2015/2016 sesuai dengan buku bahasa inggris sesuai dengan kurikulum dan valid dalam ha! isi. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 26% dari soal ujian tidak sesuai dengan buku pelajaran bahasa inggris dan 74% dari soal ujian sesuai dengan buku pelajaran bahasa inggris. Ini berarti validitas isi dari soal ujian akhir yang dirancang oleh guru bajiasa inggris untuk siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Jambi untuk semester ganjil pada tahun akademik 2015/2016 cukup baik. Dari hasil penelitian, peneliti memberi beberapa saran yang ditujukan pada guru, mahasiswa atau peneliti Iain. Untuk guru, peneliti menyarankan agar seorang guru harus benar-benar memperhatikan validitas dalam hal isi dari suatu soal yang akap. digunakan untuk tes. Guru harus mengetahui tes yang di berikan cocok atau tidak untuk mengetes kemamuan siswa. Jika ada yang belum tercakup dalam tes, maka guru harus memberi tes tambahan bagi materi yang belum tercakup tersebut. Untuk mahasiswa sebagai calon guru, rnereka harus belajar dengan giat khususnya mengenai evaluasi agar rnereka tahu bagaimana mengevaluasi siswa serta harus mengetahui tentang validitas suatu soal dari segi isinya. Untuk peneliti, validitas adalah hal yang penting dalam pendidikan. Jadi, peneliti harus mengembangk:an pemaharnan mereka tentang validitas. Jadi, masyarakat yang tertarik dengan validitas bisa belajar dari hasil penelitiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Evaluation, Final test, English course book, Validity, Content validity
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 08 Sep 2021 09:35
Last Modified: 08 Sep 2021 09:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9059

Actions (login required)

View Item View Item