MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBALAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMA' INNAH KOTA JAMBI

Candraa Dewi, Lia and Idris, Ilyas and Tabroni, Tabroni (2021) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBALAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMA' INNAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Al - Muthmainnah Kota Jambi yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dirnana kurangnya metode, model maupun strategi yang digunakan oleh guru saat proses pernbelajaran Ternatik ini rnenirnbulkan kebosanan pada siswa dan siswa rnenjadi pasif saat pernbelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan rnenggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan rnengarnbil latar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al -Muthmainnah Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al -Muthmainnah Kata Jarnbi, sedangkan objek penelitian ini adalah Meningkatkan motivasi belajar rnelalui srategi Problem Based Learning dalam pernbelajaran tematik Terna Bumi dan Alam Semesta. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan , (2) Pelaksanaan , (3) Observasj dan {4)Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokurnentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi . Subjek dalarn penelitian adalah siswa kelas . III C SDIT AL-Muthmainnah yang berjurnlah 19 orang, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian menemukan bahwa penggunaan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa secara signifikan dalam proses pernbelajaran. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan strategi pernbelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 08 Sep 2021 09:27
Last Modified: 08 Sep 2021 09:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9058

Actions (login required)

View Item View Item