UPAYA PENINGKATAN AKTIVJTAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEN/ENT DIVISIONS (STAD) KELAS VIII DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 9 KOTA JAMBI

Khoirunnisa', Khoirunnisa' and Khumaidi, Khumaidi and Kartubi, Kartubi (2021) UPAYA PENINGKATAN AKTIVJTAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEN/ENT DIVISIONS (STAD) KELAS VIII DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 9 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
KHOIRUN NISA_.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran biologi di kelas Vllld SMPN 9 Kata Jambi adalah kegiatan pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru. Kurang bervariasinya metode mengajar guru sehingga aktivitas belajar siswa masih rendah. Masih banyak siswa yang tidak bertanya apalagi mengemukakan pendapat yang disebabkan siswa malu dan tidak mengerti yang dijelaskan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalOi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap sikfus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vllld SMPN 9 Kola Jambi. Instrument penelitian adalah lembaran observasi aktivitas siswa dan lembaran observasi aktivitas guru. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan dan!es hasilbefajar. Data hasif penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil anafisis data siklus Idan siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas proses belajar siswa yang meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan guru, aktivitas kerjasama di dalam kelompok, aktivitas melakukan presentasi, aktivitas mengajukan pertanyaan dan aktivitas menjawab pertanyaan. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 64,'58% pada siklus I menjadi 80,01% pada siklus II. Secara umum dapat disimpulkan, penggunaan model pembefajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas Vllld di SMPN 9 Kola Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), aktivitas belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:13
Last Modified: 08 Sep 2021 07:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item View Item