PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 27 KABUPATEN TEBO

Gusmawati, Karunia and Susanti, Try and Hurmaini, M (2021) PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 27 KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
KARUNIA GUSMAWATI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana kompetensi strategis matematis siswa, pada kelas yang diajar menggunakan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan yang tidak diajar menggunakan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving di kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Kabupaten Tebo yang berjumlah 89 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode qnasi eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design, sedangkan Pengumpulan data setelah perlakuan dilaknkan dengan menggunakan tes kompetensi strategis matematis siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi strategis matematis siswa yang diajar dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih baik dibandingkan kompetensi strategis matematis siswa yang tidak diajar dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving. Hal ini dapat dilihat dari analisis data menggunakan uji T-test diperoleh nilai rata-rata skor kompetensi strategis matematis siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) sebesar 68.636 dan nilai rata-rata skor kompetensi strategis matematis siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional sebesar 60.455 dengan thttung lebih besar dari ttabec,baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, yaitu 2. 02 < 3. 036 > 2. 69. Kesimpualan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi strategis matematis siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: kompetensi strategis matematis, matematika, Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:15
Last Modified: 06 Sep 2021 07:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9021

Actions (login required)

View Item View Item