PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI

Milisri, TM140731 and Usmar, Ali and Meslita, Rima (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TM140731 MILISRI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN - milisri milisri.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling yang berjumlah 60 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah materi segitiga dan segiempat yang berlangsung sebanyak 7 kali pertemuan. Sebelum diberi perlakuan penulis melakukan pretest (kelas kontrol). Dari kelas kontrol tersebet diperoleh nilai tertinggi 86, nilai terendah 36 dan standar deviasi 15,27. Setelah sampel diberikan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (kelas eksperimen) diperoleh nilai tertinggi 96, nilai terendah 50 dan standar deviasi 12,19. Setelah kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji “t” dengan nilai thitung = 3,688 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel, ternyata thitung >ttabel pada taraf signifikan 1% maupun 5% atau 2,002  3,688  2,656. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: model pembelajaran berbasis masalah ; kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Feb 2020 02:10
Last Modified: 07 Feb 2020 02:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item