PENERAPAN METODE TALKING STICK DENGAN PENEKANAN TASK ORIENTATION DAN INVOLVEMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM MUARO JAMBI

Juwairiah, Juwairiah and Junaid, M. and Putri Wirman, Rahmi (2021) PENERAPAN METODE TALKING STICK DENGAN PENEKANAN TASK ORIENTATION DAN INVOLVEMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
JUWAIRIAH.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran llmu Pengetahuan Alam terpadu melalui penerapan metode pembelajaran talking stick dengan menekankan task orientation and involvement pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Jauharul Islam Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas Vll2 Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Muaro Jambi dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick dengan menekankan task orientation and involvement. Pendekatan dan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kela,. (PTK) dengan 2 Siklus. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan di kelas Vll2 dengan jumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan • 9 siswa perempuan. • Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dengan menekankan task orientation and involvement dapat meningkatkan hasil_ belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata pada siklus I 70 dan siklus II 76. Jumlah persentase siswa yang tuntas pada siklus I 70% dan siklus II 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapa'; disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dengan menekankan task orientation and involvement dapat meningkatkan hasil belajar llmu Pengetahuan Alam (fisika) siswa kelas Vll2 Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil belajar, Talking Stick, Task Orientation and Involvement
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:34
Last Modified: 06 Sep 2021 06:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9016

Actions (login required)

View Item View Item