PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 MERANGIN

Jamrianis, Jamrianis and Fadhil, Muhammad and Rizalman, Rizalman (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 MERANGIN. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
JAMRIANIS.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa di sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Merangin. Karena berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan bahwa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Merangin yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Terpadu karena belum mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Hal ini karena adanya persepsi siswa bahwa kurangnya memahami materi yang disampaikan oleh guru karena bersifat monoton dan membosankan dengan proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dan latihan. Bertolak dari hal tersebut diharapkan adanya metode pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan bergairah dalam belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa. Salah satunya yaitu menggunakan metode Discovery dalam proses pembelajaran, dengan adanya penerapan metode Discovery yang bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar IPA Terpadu sehingga diperoleh skor rata - rata yang baik, karena dalam proses pembelajaran yang menggunakan metode Discovery siswa bisa belajar dengan aktif dan perhatian terhadap objek pembelajaran. Dari penelitian dan perhitungan data yang diperoleh di lapangan bahwa peneliti menemukan perbedaan yang signifikan penerapan metode Discovery terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa. Yakni menggunakan uji T tes didapat 7,327, nilai T tes yang didapatkan lebih besar dari T abel (2,65<7,327>2,00) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Discovery terhadap hasil belajar IPA Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Negari 29 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Desain Posttest-onty control design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Penelitian menemukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Discovery berpangaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa di sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Merangin. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran Discovery dalam pembelajaran IPA Terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Discovery, IPA Terpadu, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:50
Last Modified: 06 Sep 2021 04:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item