PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Ismail, Ismail and Alfian, Alfian and Novalyan, Devie (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
ISMAIL.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berpengaruh terliadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan pertumbuban dan perkembangan tumbuhan. Penelitian dilakukan di MTs Nurul Wathan Desa Pasar Kembang Indara Giri Hilir Rian, Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen denganposttest only control design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpik:ir kritis siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yan_g diaj:ir dng??_l!l_<? e RteJ!lb ht-jm;m ..!l>i!l Ml@ (PaM) lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensionaL Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), di antaranya kemampuan Memberikan penjelasan sederhana sebesar 91,25%, Membangun keterampilan dasar sebesar 103,75%, Menyimpulkan sebesar 93,75%, Memberi penjelasan Janjutan sebesar 103,75%, dan Mengatur strategi dan taktik sebesar 95,0%. Sedangkan untuk kelas kontrol kemampuan Memberikan penjelasan sederhana sebesar 78,75%, Membangun keterampilan dasar sebesar 91,25%, Menyimpulkan sebesar 82,50%, Memberi penjelasan lanjutan sebesar 97,50%, dan Mengatur strategi dan taktik sebesar 86,25%. Dengan demikian pembelajaran pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan merumuskan pemyataaan ke dalam model. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) mempunyai pengaruh yang signif"ikan terhadap kemarnpuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), kemampuan berpikir kritis siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:57
Last Modified: 06 Sep 2021 03:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item