UPAYA MEMOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL HUDA PANDAN JAVA KECAMATAN GERAGAI TANJUNG JABUNG TIMUR

Satriasda, Oga and El Hilali, Husni and Gusfarenie, Dwi (2021) UPAYA MEMOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL HUDA PANDAN JAVA KECAMATAN GERAGAI TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
OGA SATIASDA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya memotivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Huda Pandan Jaya Kecamatan Geragai Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain pelaksanaan tiga siklus, dimana setiap pelaksanaan siklus meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi) dan metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan tes. Penelitian menemukan bahwa: kegiatan belajar seluruh aktivitas belajar siswa masih berada pada peringkat kurang dan hasil belajarnya belum maksimal karena belum mencapai KKM yang ditentukan. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai hasil yang maksimal, hal ini terlihat dari jumlah siswa yang belum tuntas dalam mengikuti pembelajaran yaitu 8 orang dengan persentase 66% berada pada kriteria kurang, dan siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu 7 orang dengan persentase baru mencapai 33% dengan jumlah siswa 15 orang. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa belum meningkat seperti yang diharapkan karena aktivitas dan•hasil belajarnya masih rendah. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II terlihat mengalami peningkatan yang cukup signifikan, karena siswa sudah cukup aktif, saling berinteraksi, mampu mengerjakan tugas ataupun latihan, hal ini terlihat dari jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu 12 orang dengan persentase mencapai 80% dengan jumlah siswa 15 orang sedangkan yang belum tuntas dalam mengikuti pembelajaran yaitu 3 orang dengan persentase 20% berada pada kriteria baik. Dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division rata-rata kelas siswa menjadi 70. Data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II meningkat lebih baik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran,Student Teams Achievement Division (STAD).
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:30
Last Modified: 03 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8970

Actions (login required)

View Item View Item