PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 SIJINJANG KOTA JAMBI

Nurzula, Nurzula and El Widdah, Minnah and Kartubi, Kartubi (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 SIJINJANG KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURZULA.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini rnembahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Meriyengkan .(PAKEM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Keias VIII Pada Mata Pelajaran .IPA Terpadu. Peneli.tian ini dilakukan diSekolah Menengah Pertama Negeri 23 Sijinjang Kata Jambi..yang mana proses pembelajaran dilakukan 4x49 menit dalam semingu dengan 2 kali •pertemuan , materi pelajaran peneliti sampaikan adalah pokok bahasan tentang sistem gerak pada manusia, • dalam penelitian, peneliti inengajar pada kelas eksperimen • dengan menggunakan Model PAKEM. Sedangkan untuk kelas kontr-01 peneliti menerapkan str?tegi konvesional dengan metode ceramah..penelitian ini merupak<:in penelitian kuantitatif dengan• menerapkan model pakem sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. • penelitian ini menemukan bahwa model pembelajaran aktif, kreatif.._efektif, dan menyengkan ' (PAKEM) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil tielajar sisw(pada mata pelajaran IPA terpadu di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Sijinjang Kata Jambi . pada Hasil Renelitian ini diharapkan bagi guru, dalam pembelajaran agar dapat meriggljnakan Model pmbelajaran yang tepat pada situasi dan kondisi agar dapat memban!Lj s:swa dalam memahami pelajaran dengan mudah dan menghilanglsan rasa j§!nuh.serta siswa dap:<it belajar lebih aktif dan kreatit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pakem, ipa terpadu I Biologi dan Hasil.Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:14
Last Modified: 03 Sep 2021 04:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item