PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 124/IV KOTA JAMBI

Hikmah, Nurul and Mahluddin, Mahluddin and Ikhtiati, Ikhtiati (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 124/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURUL HIKMAH.pdf - Published Version

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng melalui model paired storytelling dengan media wayang kartun pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 124/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi . perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas II SD Negeri 124/IV Kota Jambi yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Paired Storytelling dengan media wayang kartun dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita dongeng siswa kelas IL Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan lembar observasi keterampilan menyimak siswa cerita dongeng pada pra siklus, siklus I, siklus II. Peningkatan yang terjadi yaitu rata-rata pra siklus siswa . . .57,63; rafa-rata sik!UsTsiSwa rrieriiilgka f T23Tdengan ratarata 71- daii:-j5adli"rata.::r- ata siklus II meningkat 11,5% dengan rata-rata 82,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui model pembelajaran Paired Storytelling dengan media wayang kartun
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:51
Last Modified: 03 Sep 2021 03:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8963

Actions (login required)

View Item View Item