PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITURRAHIM KOTA JAMBI

Aini, Nurul and Sartiyati, Sartiyati and Soraya, Elly (2021) PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITURRAHIM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURUL AINI.pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan model inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama Baiturrahi Kola Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan peneliti, dimana peneliti sebagai aktor dan guru sebagai kolaborasi. Objek dari penelitian ini adalah siswa. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 3 siklus , dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian ini tercapai pada siklus ke 3 dengan jumlah 2008, rata-rata 80,32, jumlah siswa yang tuntas 22, jumlah siswa yang tidak tuntas 3, presentasi keberhasilan siswa 88%, presentasi siswa yang tidak tuntas 12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model inkuiri, Biologi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:16
Last Modified: 03 Sep 2021 03:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8958

Actions (login required)

View Item View Item