PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH

Nurliana, Nurliana and Khalik, A. and Yusmarni, Yusmarni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURLIANA.pdf - Published Version

Download (21MB)

Abstract

Skripsi ini rnembahas tentang pengembangan Modul Pembelajaran maternatika pada Materi Himpunan untuk siswa Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi kelas VIL Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Bevelvpment) menggunakan model ABfHE (Analysis, Besign, Bevetopment or Production, Impelementationsor Delivery and Evaluations) sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket, tes hasil belajar siswa, dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh, (1) hasil angket dari ahli materi memperoleh rerata skor 4,10, hasil angket desain dari ahli desain rnemperoleh -,'!;'.";-,":.":"?• .,.,,--. .y:-, •,,"':. ';'A .,.,':"." ' ,-">-;o;"r. ---:- ,-. ,-0-,";.':-_.. ...-'.".--:--•.,-,.,.= T.'";.";'.-. .-, ">'."-";"•.,."-":. -.....T;-,...,.._ ,T:'",¥.f".":f.':".-. rerata skor 4,90 sehingga modul pembelajaran layak digunakan untuk pembelajaran dalam materi himpunan kelas VII Madrasah Tsanawiyah; (2) hasil be!ajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran dengan pendekatan problem based learning meningkat terli11at dari 76% siswa tuntas dalam belajar, serta (3) respon siswa terhadap modul pembelajaran yang telah digunakan positif tertihat ctari• rata-rata skor liasit praktikalitas respon stswa yaitu 4,37 stswa menyatakan bahwa modul pembelajaran yang telah diliasilkan sangat efektif, (4) Dari data lembar observasi aktivitas siswa dipero!eh rata-rata 80,1 sehingga lembar obse1vasi aktivitas siswa Sangat efektif Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan problem based learning yang .il:. JJ.:a1. :1®. wn!.1. .1. fJ:i1 ti. "• -1.1J. (t !;). d. f1$1i.f digr..w1ik.'.1. t;J;i,_zJ. bahan ajar yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Modul Pembelajaran, Problem Based Leaming, Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:35
Last Modified: 03 Sep 2021 02:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8948

Actions (login required)

View Item View Item