MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKA TKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA JAMBI

Nurlena, Nurlena and Jamaluddin, Amin and Hayat, Najmul (2021) MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKA TKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURLENA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen boarding school dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pengmnpulan datanya dilakukan dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memaparkan manajemen boarding school dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengunakan funsi-fungsi manajemen, tujuau Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi dalam menerapkan sekolah berasrama, dan faktor pendudukan dan faktor penghambat dalam pengelolan asrama terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penulis menemukan bahwa fungsi-fungsi manajem di MAN IC Jambi sudah diterapkan dan dijalankan secara maksimal. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyal1 Negeri Insan Cendekia Jambi subjek penelitiannya adalah waka bidang asrama. Key informan tambahan dalam penelitian ini adalah kepala sekolal1sedangkan sebagai infonnan tamballan yaitu Tata usaha dan siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bal1wa manajemen boarding school dalam peningkatan kualitas pendidikan sudal1bagus sehingga keberadaa asrama 65% dapat membantu peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi. Kama adanya kerja sama antara guru asrama dan guru madrasah pagi dalam mengelola dan menjalankan program asrama sehingga tujuan Madrasall Aliyal1 Negeri Insan Cendekia Jambi dalam mencetak generasi Islami, mendiri dan berprestasi itu bisa tercapai dengan adanya kolaborasi antara pendidikan umwn dan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Manajemen boarding school, Kualitas, Pendidikan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:31
Last Modified: 03 Sep 2021 02:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8946

Actions (login required)

View Item View Item