PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERISTIWA MATERI BILANGAN KELAS 1SDIT AL-MUTMAINNAH KOTA JAMBI

S., Nurkholisa and Muhsinin, Umil and Ihwani, Al (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERISTIWA MATERI BILANGAN KELAS 1SDIT AL-MUTMAINNAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURHOLISA S.pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Problematika Pembelajaran Tematik Terna Peristiwa Materi Bilangan Kelas I SDIT Al-Mutmainnah Kota Jambi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tematik dan kendala pembelajaran tematik kclas IC SDIT Al-Mutmainnah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kulitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (I) Terdapat dua proses pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IC di SDIT Al-Mutmainnah Kota Jambi, diantaranya; Perencanaan, di mana proses penyusunan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan dengan mudah dan tepat sasaran; pelaksanaan, di mana guru adalah memberi motivasi kepada siswa ataupun cerita-cerita yang berkenaan dengan topik pembahasan dan guru juga menggunakan metode tanya jawa, kerja berkelompok dengan begitu siswa tampak menyimak dan melihat media dan siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru; (2) Problematika pembelajaran tematik kelas IC SDIT Al­ Mutmainnah Kota Jambi, diantaranya dalam Proses Perencanaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran dan Proses Evaluasi dan Penilaian. Upaya yang telah dilakukan kepala sekolah dan para guru pembelajaran tematik adalah dengan cara ' melakukan sharing-sharing (tukar pendapat) dengan teman sesama guru, ikut serta dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengikuti seminar dan diskusi, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diktat) yang diadakan setiap satu semester sekali serta mendatangkan instruktur dari luar yang ahli dalam bidang pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problematika, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:17
Last Modified: 03 Sep 2021 02:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8942

Actions (login required)

View Item View Item