PENERAPAN STRATEGI DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI

Nurkholis, Nurkholis and El Widdah, Minnah and Yuni Kurniwati, Wiwit (2021) PENERAPAN STRATEGI DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURHOLIS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang 'strategi pembelajaran discovery yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) biologi pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak Muaro Jambi dengan materi pertumbuhan dan perkembangari makhluk hidup. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dalam penelitian 'ini, peneliti bekerjasama dengan guru biologi dalani melaksanakan tindakan. Kemudiart, peneliti menerapkan tindakan dalam proses siklus dan guru biologi sebagai kolaborator berperan sebagai pengamat Analisis data dijabrakan secara kualitatif, namun sebelumnya perhitungan hasil tes dihitung . secara kuantitatif. Analisis data dilakukan pada proses pembelajaran dan hasil evaluasi setiap siklus yang dilakukan pada penilaian data observasi guru skor diperoleh jumlah skor dibagi dengan jumlah skor maksimal yaitu 40 dikali 100%. Dari paparan dan hasil pene!itian dan pembahasan dalam bab IV, simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu bidang Biologi dengan menggunakan Strategi pembelajaran discovery menggunakan lima langkah pembelajaran yang dilaksanakan pada kegiatan inti yaitu keaktifan siswa dalam belajar, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, semangat siswa • dalam •belajar, kerjasama dalam kelompok dan memberi tanggapan positif terhadap jawaban tertentu. Hasil pembelajaran siswa meningkat yaitu dari rata-rata siklus I yaitu 63;72 dengan nilai ketuntasan 52%dan pada siklus Ii rata-rata 79 dengan nilai ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: strategi discovery
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:13
Last Modified: 03 Sep 2021 02:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8941

Actions (login required)

View Item View Item