PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Iman Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi)

Amar, Raden Zikry and Usmar, Ali and Wendra, Betri (2021) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Iman Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Pesrta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Iman Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi))
2081731-Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Pesrta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education(RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa-lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Terhasap hasil belajar siswa di MTs Jauharul Iman Desa Senaung Muaro Jambi pada pokok bahasan Teorema Pytagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan LKPD berbasis RME mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan mengambil semua populasi menjadi sampel dimana kelas VIII A berjumlah 19 siswa sebagai kelas control dan kelas VIII B berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 16 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji t_test dan uji korelasi phi. Dari hasil uji t_test pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 2,28<3.7247>2,72 Karena t_hitung > t_tabel dan dari hasil analisis pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 0,329<0.484544>0,424 karena φ > r_tabel maka H_0 ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara skor hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis RME lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD Scientific.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: LKPD, RME, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:47
Last Modified: 03 Sep 2021 02:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8938

Actions (login required)

View Item View Item