PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MODELLING THE WAY DAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI

Nurhikmah, Nurhikmah and Afdal Jamil, Zawaqi and Kukuh, M. (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MODELLING THE WAY DAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NURHIKMAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kemampuan penalaran matematis siswa dilakukan di sekolah menengah pertama negeri 7 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan Pastiest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling yang be1jumlah 60 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah persamaan garis lurus yang berlangsung sebanyak 8 kali pertemuan. Kelas eksperimen I menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe modelling the way, dari kelas eksperimen I diperoleh nilai te1iinggi 96, nilai terendah 50 dan standar deviasi 12,19. Dan kclas •eksperimen II menggunakan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs, dari kelas eksperimen II tersebet diperoleh nilai te1iinggi 86, nilai terendah 36 dan standar deviasi 15,27. Setelah kelas eksperimen I dan kelas ekspe1imen II dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji "t" dengan nilai t11itung = 3,688 dan setelah membandingkan antara lhitung dengan ltabel, temyata lhitung >ttabel pada taraf signifikan 1% maupun 5% atau 2,002 < 3,688 > 2,656. Dari data tersebut dapat disimpulkan .. bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan strstegi pembelaj aran aktif tipe modeling the way dan practice rehearsal pairs terhadap kemarnpuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi pembelajaran Aktif TMW dan Practice PRP ; Kemarnpuan Penalaran Matematis Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:42
Last Modified: 01 Sep 2021 05:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item