KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Nurhasih, Nurhasih and Iskandar, Iskandar and Hasanah, Dewi (2021) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
Untitled.pdf - Published Version

Download (13MB)

Abstract

Kompetensi Kepribadian merupakan salah satu tuntutan pemerintah lewat undang-undang guru dan dosen yang harus dimiliki oleh seorang guru. Hal ini n\.enjadi penting karena seorang guru tidak hanya diharuskan untuk mentransfer ilmu p¢ngetahuan saja, tetapi seorang guru juga diharuskan agar mampu membentuk karakter siswa agar memiliki perilaku atau sikap yang baik. Penelitian ini dilatar blakangi oleh beberapa siswa yang memiliki karakter kurang baik, seperti tidak entaati peraturan sekolah, kurang sopan terhadap guru, suka berbicara kasar, asik bffSenda gurau ketika dilaksanakan kegiatan pembelajaran dan mencontek ketika diadakan ujian. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan d?kurnentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu Iriengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari • alisis data ini adalah mengadakan keabsahan data dengan menggunakan p anjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan guru P ndidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Betara ini sudah emiliki Kompetensi kepribadian didalam mengembangkan pendidikan karakter p siswa hal itu terlihat dari sikap beliau sehari-hari yang menunjukkan bahwa b Jiau memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa serta pat menjadi teladan bagi siswa dan berakhlak mulia, meskipun masih di jumpai berapa siswa yang memiliki karakter kurang baik yang dipengaruhi oleh beberapa Mlyaitu kurangnya pemahaman Agama yang dimiliki siswa, pengaruh negatif media e bktronik, lingkungan siswa dan kurangnya kerjasama antara orang tua dengan guru afuu pihak sekolah. Dari pihak Sekolah atau guru sudah memberikan upaya untuk m,bmperbaiki karakter siswa diantaranya dengan cara memberikan suri tauladan dan rulsihat kepada siswa secara terus menerus, membatasi penggunaan media elektronik pJda siswa untuk menghindari pengaruh negatifnya meski tidak dapat dipungkiri bYak juga hal positif yang bisa diambil dari media elektronik, kemudian m mberikan pengawasan secara kontinu kepada siswa baik di Sekolah maupun di "', , dan meningkatkan kerja sama antara orang tua dengan guru untuk mudahkan upaya guru dalam mengembangkan pendidikan karakter. Dan hasilnya wa di sekolah tersebut secara perlahan berubah karakternya dari yang tadinya SI g baik menjadi lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kompetensi, Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam, ngembangkan pendidikan karakter
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:26
Last Modified: 01 Sep 2021 05:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item