PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) DIMADRASAH TSANAWIYAH NEGERIMODEL JAMBI

Nur'aini, Nur'aini and Anwar, Kasful and Rusmini, Rusmini (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) DIMADRASAH TSANAWIYAH NEGERIMODEL JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NUR'AINI.pdf - Published Version

Download (54MB)

Abstract

Pada umumnya pelajaran biologi dianggap oleh sebagian siswa sebagai mata pelajaran yang sulit, tidak menarik dan sedikit membosankan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah penyajian pelajaran yang kurang mendukung hasil belajar dengan metode ceramah. Kurang aktifnya siswa berpengaruh terhadap hasil belajar biologisiswa. Salah satu cara yang digunakan guru untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Model Pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini adalah merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan antara hasil belajar biologi siswa menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Model Pembelajaran Jigsaw di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri Jambi, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VlllC dan kelas VlllD. lnstrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk objektif. Sebelum diujikan pada kelompok sampel maka diuji cobakan pada kelas lain untuk melihat validitas, reliabilitas, taraf kkesukaran, daya beda tes tersebut. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uj -t dua buah sampel besar yang satu sama lain tidak saling berhubungan.Adapun rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen I adalah 77,97 sedangkan skor hasil belajar kelas eksperimen II adalah 73,19. Dari analisis yang telah dilakukan terhadap hasil belajar diperoleh thi1ung > itabe1. yaitu 1,79 > 1,67. Karena kriteria penguji hipotesis yaitu tMung >l1abel terpenuhi maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasilbelajar yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Jigsaw, biologi, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:41
Last Modified: 01 Sep 2021 04:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8920

Actions (login required)

View Item View Item