PERAN PEMBINA ASRAMA PUTRI DALAM MENGATASI KEJENUHAN SANTRI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AS’AD OLAK KEMANG KOTA JAMBI

Hanisa, TP140821 and Karim, Hasnidar and Jaya, Jaya (2018) PERAN PEMBINA ASRAMA PUTRI DALAM MENGATASI KEJENUHAN SANTRI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AS’AD OLAK KEMANG KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TP140821 HANISA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - Anisa ishak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Pembina Asrama Putri Dalam Mengatasi Kejenuhan Santri Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Kota Jambi. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya perasaan jenuh dari santri dalam menghafal Al-Qur’an, padahal program ini adalah salah satu program yang diunggulkan di Pondok Pesantren As’ad. Hal ini terlihat dari gejala yang ditimbulkan seperti kelas yang sulit di kondisikan, sering terlambat, malas menambah hafalan dan juga takrir. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk meneliti bagaimana peran pembina Asrama mengatasi kejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan kejenuhan santri menghafal dalam Al-Qur’an dipengaruhi oleh dua fakktor yaitu: Pertama, faktor yamg berasal dari dalam diri santri yang disebabkan oleh beberapa hal yaitu: santri merasa keletiha secara fisik dan keletihan secara mental. Kedua, faktor yang berasal dari luar santri yang meliputi beberapa hal yaitu: banyaknya kegiatan yang harus diikuti, tempat belajar yang tidak pernah pindah, banyaknya peraturan, dan kesibukan didalam kelas yang menonton. Upaya yang dilakukan Pondok Pesantren As’ad untuk mengatasikejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Asrama Pondok Pesantren As’ad adalah bekerja sama dengan pembina Asrama, permainan dan perlombaan, pengubahan jadwal, berpindah-pindah tempat, memeberi pengertian dan penjelasan kepada santri, malam curhat, pemberian hadiah, metode bercerita, dan menyanyikan lagu-lagu mahroj. Hasil yang dicapai pondok pesantren As’ad mengatasi kejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur’an menunjukkan bahwa upaya pondok pesantren As’ad bekerja sama dengan pembina Asrama, berpindah tempat, pengubahan jadwal, malam curhat, pemberian hadiah, metode cerita dan menyanyikan lagu-lagu mahroj dapat berjalan efektif. Tetapi upaya pondok pesantren As’ad memberi pengertian dan penjelasan santri dan permainan berjalan kurang efektif. Kekurangan itu disebabkan beberapa hal yaitu kurang persiapan dari ustadzah, dan waktu yang terlalu singkat serta keterlambatan ustadzah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran Pembina, Kejenuhan Santri,dan Mengatasi Kejenuhan.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Feb 2020 01:15
Last Modified: 07 Feb 2020 01:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item