PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTTF TIPE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Zaharah, Nur and Hidayat, Hidayat and Sunarto, Sunarto (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTTF TIPE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NUR ZAHARAH.pdf - Published Version

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk: (a). Ingin mengetahui berapa besar skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertmna Islam Al-Falah Kola Jambi yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Guided I Note J(1king, (b). Int>, in mengetahui berapa besar skor kemmnpuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertmna Islam Al-Falah Kata Jambi yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Gided Note Taking, (c).Ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikn strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taldng terhadap kemmnpuan pemahmnan konsep matematis siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama, Islam Al-Falah Kata Jambi. (d). ingin mengetahui berapa besar skor pengarnh strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taldng terhadap kemmn1)uan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertanrn1 Islam Al-Falah Kola Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian I kuantitaf if dengan menggunakan desain penelitian postest - only control desain, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tela1ik test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa dan siswa kblas VIII.4 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang siswa. Data hasil penelitiJn diperoleh: (a). Skar pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking pada materi aritmetika sosial diperoleh rata-rata 80,7 dan standar deviasi 11,95, (b). Skar pemahaman konsep matematis siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking pada materi aritrnetika sosial diperoleh rata-rata 68,83 clan standar deviasi 15,24, (c). Berdasarkan perhi hmgan menggunakan uji t diperoleh t11;1ung= 3,34 dan pacla taraf signifikan 5% diperoleh lrabcJ = 2,002 dan taraf signifikansi 1 % liahcl= 2,656 dengan demikian 2,002 < 3,34 > 2,656. Sehingga Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan strategi pembelajaran akli f lipe Guided Note Taking di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Kola Jambi. (d). Berdasarkan perhitungan menggunakan Efiect Size diperoleh d sebesar 0,9 dimana pada label cohen 's perentasenya adalah 82% sehingga memberikan pengaruh yang linggi lerhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Streategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking, Kemampuan Pemahaman Konsep matematika siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:20
Last Modified: 01 Sep 2021 04:20
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item