PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SIROJUL ISLAM DESA TELUK RAYA KABUPATEN MUARO JAMBI

Paiza Rojatum, TP140862 and Rafiq, and Ulfah, Siti Maria (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SIROJUL ISLAM DESA TELUK RAYA KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TP140862 PAIZA ROJATUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - Paiza Rojatum.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam lingkungan sekolah, guru yang mempunyai tugas dan wewenang dalam membina dan mengembangkan pendidikan akhlakul karimah siswa, yaitu karakter yangseluruh aspek-aspeknya yakni baik tingkah laku luarnya, kegiatan kegiatan jiwanya,m maupun filsafat hidup dan kepercayaannya menunjukkan pengabdian kepada Allah SWT. Kenyataan tersebut member peluang bagi para guru untuk bertanggungjawab untuk memberikan pertolongan pada peserta didiknya dalam perkembangan jasmani maupun rohani agar mencapai tingkat kedewasaan, mampu mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai hamba dan khalifah Allah SWT, serta mampu melaksanakan tugas sebagai makhluk social dan makhluk individu yang mandiri. Skripsi ini membahas tentang. Peran guru dalam mengembangkan pendidikan akhlakul karimah pada siswa di madrasah ibtidaiyah sirojul islam desa teluk raya kabupaten muaro jambi. Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah madrasah ibtidaiyah sirojul islam desa teluk raya kabupaten muaro jambi. Hasil penelitian menunjukkan Peran guru dalam mengembangkan pendidikan akhlakul karimah pada siswa di madrasah ibtidaiyah sirojul islam desa teluk raya kabupaten muaro jambi. Sangat banyak sekali namun yang paling menonjol adalah peran sebagai perencana dan sebagai pembimbing. Cara guru mengembangkan pendidikan akhlakul karimah pada siswa di madrasah ibtidaiyah sirojul islam desa teluk raya kabupaten muaro jambi adalah dengan cara penanaman nilai-nilai karakter secara umum, nilai-nilai yang dimaksud yaitu nilai religious, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai kedisipilinan, nilai kerja keras, nilai kreatif, dan nilai-nilai lainnya, nilai-nilai tersebut baik di dalam kelas maupun di dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: peran guru, pengembangan dan akhlakul karimah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Feb 2020 01:11
Last Modified: 07 Feb 2020 01:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item