UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI CARD SORT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 KOTA JAMBI

Aslaniah, Nur and Malik, Abdul and Susanti, Try (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI CARD SORT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NUR ASLANIAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran biologi dikelas VIII SMP N IS Kota Jambi adalah masih rendahnyan basil belajar biologi siswa. Berdasarkan basil observasi dan wawancara dengan siswa dan gngn biologi kelas VIII, penyebab rendahnya basil belajar biologi siswa dikarenakan penyampaian materi pelajaran biologi oleh guru cenderung dijelaskan secara langsung dari bahan ajar dan siswa hanya dituntut mencatat dan guru kurang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sehingga menyulitkan bagi siswa untuk memahami materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapakan strategi pembelajaran tipe card sort. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatall basil belajar biologi siswa kelas VIIL: dengan menggnnakan strategi belajar card sort di SMP 15 Kota Jambi. Jeni;; penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi. Penilaian basil belajar dilaksanakan dengan memberikan evaluasi dengan melaksanakan dengan illangan formatif disetiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar biologi siswa pada tiap siklus. Pada pra siklus 46,15 % (18 orang) siswa yang berhasil, pada siklus 1 meningkat 64,10 % (25 orang ) siswa yang berhasil, dan meningkat pada siklus II 84,62 % (33 orang) siswa yang berhasil. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIiie SMP Negeri 15 Kota Jambi pada pokok bahasan struktur dan fungsi tubuh tumbuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Card Sort dan hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:04
Last Modified: 01 Sep 2021 03:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8907

Actions (login required)

View Item View Item