UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IDSDN 44/X RANTAU RASAU II

Ahmad Hardoyo Sidik, Nur and Musyaddad, Kholid and Dwi Nugroho, Aris (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IDSDN 44/X RANTAU RASAU II. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NUR AHMAD HARDOYO SIDIK.pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Meningk:itkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran llmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas III SDN 44/X Rantau Rasau II,Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alani (IPA) kelas III di SDN 44/X Rantau Rasau II, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dengan mnggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian. Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 44/X Rantau Rasau II, Kecamatan Rantau Rasau. Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sedangkan objek penelitian adalah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, peningkatan Keaktifan belajar siswa pada materi Energi dan Perubahannya. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis laumtitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan belajar dapat di diukur dari evaluasi siklus l dan siklus 11dengan nilai keaktiifan belajar pada siklus I 71,4% dan siklus II 93%. Dengan demikian hasil penelitian di SDN 44/X Rantau Rasau II, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: keaktifan belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 31 Aug 2021 08:26
Last Modified: 31 Aug 2021 08:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item