THE EFFECT OF USING COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) TECHNIQUE ON READING I COMPREHENSION AT ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL 5 MERANGIN

Wulandary, Novi and Monalisa, Monalisa and Suryani, Hilma (2021) THE EFFECT OF USING COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) TECHNIQUE ON READING I COMPREHENSION AT ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL 5 MERANGIN. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NOVI WULANDARY.pdf - Published Version

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efek penggunaan teknik CIRC dalam pemahaman membaca siswa terutama dalam teks deskriptive di MTS 5 Merangin. Dengan kata lain, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah teknik . ClRC memberikan efek yang signifikan atau tidak dalam pemahaman membaca siswa, dan untuk menemukan apakah teknik CIRC meriiberikan perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan teknik CIRC dengn siswa yang menggunakan strategy yg digunakan gurunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental. Subjek dalam_ penelitian ini adalah MTS kelas 8 dimana pengambilan sampel ini diambil secara acak, dan membagi siswa menjadi dua kelompok, dimana kelompok eksperimental terdiri dari 24 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 24 siswa. Intrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah tes pilihan ganda. Sebelum memulai aktivitas pembelajaran, siswa akan diberikan pre"test. Kemudian siswa akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknik CIRC. Terakhir, siswa akan diberikan post-test untuk mengetahui apakah teknik CIRC efektif atau tidak untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptive. ••:•:fl . . Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dalam bela:jar pemahaman membaca pada teks deskriptive • : • sebeh•m dan sesudah penggunaan teknik CIRC. Berdasarkan dari perhitungan statistik::dapat dilihat bahwa skor rata-rata siswa saat postest pada kelas ' "< eksperirrienial memperoleh 66:96 lebih tinggi dari pretest dengan skor 64. T observed (4.849) lebi)l tinggi dari !-critical value (1.671) dengan tingkat kebebasan 48. Dapat disimpulkan bahwa teknik CIRC efektif dalam pemahaman belajar siswa dibandinkan dengan strategi yang biasa digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Teknik CIRC, Pemahaman membaca dan teks deskriptive.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:17
Last Modified: 31 Aug 2021 04:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8892

Actions (login required)

View Item View Item