PENERAPAN METODE STORYTELLING PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 187/X DESA BANGUN KARYA

Nurhayadi, TPG141141 and Ritonga, Habibuddin and Yusria, Yusria (2018) PENERAPAN METODE STORYTELLING PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 187/X DESA BANGUN KARYA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TPG141141 Nurharyadi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah - Aris Cahyo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui metode storytelling pada mata pelajaran tematik siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 187/X Desa Bangun Karya. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas III SD Negeri 187/X Desa Bangun Karya yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi Storytelling dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata keterampilan bercerita pada prasiklus, siklus I, siklus II. Peningkatan yang terjadi yaitu nilai rata-rata prasiklus siswa 55.95, nilai rata-rata siklus 1 siswa meningkat 10.24 dengan rata-rata 66.19 dan pada nilai rata-rata siklus II meningkat 10.71 dengan rata-rata 76.90.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peningkatan keterampilan Bercerita Melalui Metode Storytelling Pada Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Feb 2020 01:03
Last Modified: 07 Feb 2020 01:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item