PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH JMENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI

Sari, Nopita and Ritonga, Habibuddin and Kukuh, M. (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH JMENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NOPITA SARI.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Diajarkan Dengan Model Missouri Mathematics Project Dengan Model Konvensional Pada Siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertaina Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental Design yaitu Only Control Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tekuik test soal. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen I (VII A) lebih baik dari pada kelas kontrol (VII E). Kelas eksperimen I yang menerapkan model Missouri Mathematics Project memperoleh nilai tertinggi 100, nilai terendah 50, dan rata­ ratanya 73,08, sedangkan kelas kontrol yang menerapkan model Konvensional memperoleh nilai tertinggi 91 nilai terendah 50,dan rata-ratanya 68,00, dan terbukti bahwa nilai kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project lebih tinggi nilainya dibandingkan nilai kemampuan komunikasi matematis yang menggunakan model Konvensional . Hal inijuga dibuktikan dari hasil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII terdapat pengaruh yang signifikan antara yang menggunakan model Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi yaitu: thitung > ttabel (3,61 > 2,02) dan (3,61 > 2,71). Hal ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% dan 1% hitung tabel thitung ?:.ftabel sehingga Ha diterima. Peneliti menemukan bahwa model Missouri Mathematics Project efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru mata pelajaran matematika agar dapat menerapkan model Missouri Mathematics Project dalam pembelajaran matematika khususnya untuk rnateri penyajian data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Missouri Mathematics Project, Konve11sio11al, dan Kemampuan komuikasi matematis siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:39
Last Modified: 31 Aug 2021 02:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8885

Actions (login required)

View Item View Item