MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER

Sarianti, Nopi and Idris, Ilyas and Gusriani, Nanda (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
NOPI SARIANTI.pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas guru kelas X MIA I SMA Negeri 7 Muaro Jambi dengan menerapkan model pembelajaran MURDER. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru. Jumlah persentase siswa yang tuntas pada siklus I 55,56%, siklus II 66,67%, dan siklus III 77,78%. Aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru pada siklus I masih terdapat aktivitas pada kategori cukup baik. Pada siklus II aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru rata-rata berada pada kategori baik. Dan pada siklus III aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru rata-rata berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru pada mata pelajaran Biologi kelas X MIA I di SMA Negeri 7 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran MURDER, Hasil belajar, aktivitas belajar siswa, aktivitas guru.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:30
Last Modified: 31 Aug 2021 02:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item