MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL FALAH DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI

Tutik Maryani, TF131002 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL FALAH DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Tutik Maryani, TF 131002, Jurusn Fisika - Tutik Maryani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA di kelas VIIC Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Falah. Beberapa faktor penyebab yaitu kurangnya konsentrasi, banyak siswa yang mengantuk pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, banyak yang asyik mencontek hasil jawaban temannya. Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik yang peneliti temukan berupa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Juharul Falah. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari II siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi dan Tes, yang menjadi subjek penelitian yaitu Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Falah kelas VIIC. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada ranah kognitif mulai dari 55 (kemampuan awal), menjadi 58,98 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 70,54 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIC Madrasah Tsanawiyah Jauharul Falah desa Sungai Terap Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peningkatan, Hasil belajar, Fisika, Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:49
Last Modified: 06 Feb 2020 03:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item